Perilaku Konsumen
Dalam buku
consumer behavior in tourism john swarbrooke dan susan honer (2003) mengatakan
bahwa perilaku konsumen adalah kunci penopang semua aktivitas marketing yang
dilaksanakan untuk pengembangan, promosi dan penjual produk wisata. Selain iitu
tidak ada dua individu yang sama astu dengan yang lainnya dan perbedaan dalam
sikap, persepsi, emage/citra, motivasi mempunyai pengaruh yang penting dalam
keputusan perjalanan. Factor-faktor yang mempengaruhi tersebut dihubungkan
dekat dengan model-model perilaku konsumen.
a.
Menurut
loudon della bitta (1993:8), perilaku konsumen adalah proses pengambilan
krputusan dan kegiatan fisik perseorangan yang dilakukan dalam mengevaluaisi,
mendapatkan, menggunakan atau menolak barang dan jasa.
b.
Menurut
horner dan swarbrooke (1996), perilaku konsumen adalah mempelajari mengapa
orang membeli produk yang mereka beli dan bagaimana mereka membuat keputusan
tersebut.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi
memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Untuk barang berharga jual rendah
(low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan
untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan
keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang
matang.
2.
Aplikasi
Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan
dalam beberapa hal :
1.
untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik,
misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk
menarik pembeli.
2.
perilaku konsumen dapat membantu
pembuat keputusan membuat kebijakan publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa
konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat
keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut.
3.
Aplikasi ke tiga adalah dalam hal pemasaran sosial (social marketing), yaitu
penyebaran ide di antara konsumen.
Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi
sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif. Dan
juga dapat memberikan gambaran kepada para pemasar dalam pembuatan produk,
penyesuaian harga produk, mutu produk, kemasan dan sebagainya agar dalam
penjualan produknya tidak menimbulkan kekecewaan pada pemasar tersebut.
selanjutnya.. full artickel anda dapat download disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih Anda telah berkunjung ke blog saya, komentar, saran dan tulisan Anda sangat kami perlukan