KOMUNIKASI ORGANISASI
A.
Pengertian
Komunikasi Organisasi adalah penafsiran pesan diantara unit – unit
komunikasi yang merupakan bagian dari organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari
unit-unit komunikasi dalam hubungan hirarki
antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Unit komunikasi adalah dalam sistem
komunikasi keadaan tersebut adalah hubungan antara orang – orang dalam jabatan-jabatan
(posisi-posisi). Unit mendasar komunikasi organisasi adalah seseorang dalam suatu jabatan.
Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan, menciptakan suatu lingkaran yang
lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saat yang sama jabatan itu
dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambar yang sesuai dengan
keadaan orang tersebut.
Proses
Komunikasi Organisasi : Terdiri dari komunikasi internal dan komunikasi
eksternal.
1) Komunikasi internal terdiri dari
3 dimensi :
1. Komunikasi vertikal : ada
hubungan timbal balik antara pimpinan dan staff maupun sebaliknya. (Two Way
Traffic Communication).Bersifat Formal.
a. Downward Communication :
komunikasi atas ke bawah. Contohnya : pimpinan memberikan
instruksi,petunjuk,informasi,penjelasan,perintah,pengumuman,rapat.
b. Upward Communication : komunikasi
bawah ke atas. Contohnya : staf memberikan laporan,saran,pengaduan,kritikan.
2. Komunikasi Horisontal :
komunikasi mendatar,komunikasi terjadi tidak dalam suasana kerja. Bersifat
tidak formal : Employee relation dan sering timbul rumours (pembicaraan yang
lebih banyak faktanya), grapevine (komunikasi acak-acakan),gossip.
3. Komunikasi Diagonal (Cross
Comunication) : komunikasi antara pimpinan seksi atau bagian lain dengan pegawai
seksi atau bagian lain.
2) Komunikasi Eksternal : komunikasi
dari organisasi kepada khalayak yang bersifat informatif. Wujudnya berupa
majalah,press release atau media release,artikel,surat kabar atau
majalah,pidato,brosur,poster.
B. Komunikasi Kolaboratif Dalam
Organisasi Bisnis
Setiap staff pada bagian manapun
seharusnya :
1. Relationship
Oriented : Networking, sinergi
2. Service
Focused : berpikir pada pelayanan
3. Customer
Commited : mempunyai komitmen pada pelanggan
4. Facilitative
(media saluran atau pendukung)
5. Forward
Thinking : berpikir kedepan
6. Value
Added (nilai tambah : selalu berusaha mengupdate kemampuan komunikasi)
7. Team
Driven (serba tim) and leaders (mampu tampil sebagai pemimpin)
C.
Faktor yang mempengaruhi
efektivitas komunikasi dalam organisasi :
1.
Saluran komunikasi formal (SKF)
SKF mempengaruhi
efektifitas komunikasi dengan 2 cara :
a.
Liputan saluran Formal makin
melebar sesuai dg tumbang organisasi.
Cth : Komunikasi efektif sulit dicapai dalam organisasi yg
besar dan cabang-cabangnya menyebar.
b.
SKF dapat menghambat aliran
informasi antar tingkat organisasi.
Cth : Penyampaian
informasi dari tingkat bawah dapat disampaikan pada petugas diatasnya, tidak
selalu langsung pada manager atau direktur.
2.
Struktur organisasi
Perbedaan kekuasaan dan
kedudukan (status) dalam organisasi akan menentukan pihak-pihak yang
berkomunikasi dengan seseorang serta isi & ketepatan komunikasi
3.
Spesialisasi jabatan
a.
Para anggota suatu kelompok
kerja yang sama akan cenderung berkomunikasi dengan istilah, tujuan, waktu dan
gaya yang sama
b.
Komunikasi antar kelompok yang
berbeda cenderung terhambat
4.
Pemilikan informasi
Individu yang mempunyai
informasi khusus dan pengetahuan tentang pekerjaan mereka
Cth : Kepala bidang
perawatan, kepala tata usaha
D.
Komunikasi dalam Tim
Untuk mendorong terjadinya komunikasi, pemimpin tim harus
memperhatikan prinsip-prinsip berikut :
1.
Seluruh anggota tim harus bebas
mengemukakan dan menjelaskan pandangan-pandangan mereka dan harus didorong bertindak seperti
itu.
2.
Pesan baik lisan maupun
tertulis harus jelas, bahasa mudah dimengerti
3.
Komunikasi dapat berjalan bila
antara komunikator dan komunikan terjadi hubungan yg baik
4.
Perbedaan pendapat harus
diarahkan pada hal yang konstruktif
NAMA: Widi Astuti
NIM: A01001361
KELAS: IIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih Anda telah berkunjung ke blog saya, komentar, saran dan tulisan Anda sangat kami perlukan