Senin, 26 September 2011

Strategi dalam Manajemen Waktu


Bagaimana yah Strategi dalam manajemen waktu?
Dalam praktek lapangan, strategi manajemen waktu terkadang banyak hal yang tidak terprediksi sebelumnya, namun bila kita lebih teliti lagi maka waktu akan sangat baik bila kita mengetahui strateginya, berikut tips strategi mengelola waktu :

1.    Tidak melakukan penundaan pekerjaan dan lakukan saat ini juga.
     Menunda pekerjaan merupakan pemboros waktu utama. Menetapkan batasan waktu akan mengurangi penundaan. Putuskan untuk menyediakan waktu minimal satu atau dua jam setiap hari bagi setiap pekerjaan dan sisihkan waktu ini setiap hari sampai pekerjaan itu selesai serta menentukan deadline waktu untuk tujuan yang harus dicapai.

2.    Belajar mendelegasikan
Agar tujuan kegiatan  dapat dicapai, maka perlu untuk mendelegasikan tanggung jawab. Pendelegasian dilakukan dengan rencana dan sasaran yang jelas. Pekerjaan yang dapat didelegasikan adalah pekerjaan yang kurang spesialistis. Tugas yang melibatkan sasaran utama organisasi  dan kegiatan disipliner tidak boleh di delegasikan.

3.    Lacak Aktivitas
     Kebanyakan orang akan menemukan kalau mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisien. Kurangi waktu yang digunakan untuk bertelepon, membolak-balik majalah atau surfing di web yang tak mengahasilkan apapun, dan batasi kegiatan-kegiatan yang tak penting.

4.    Berkonsentrasi pada hasil.
     Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar, dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas 'utama' secara teratur, akan dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.

5.    Merespon dengan cepat.
 Ketika memungkinkan, lakukan tindakan pada hari yang sama saat Anda menerimanya. Jangan biarkan komputer, meja dan pikiran Anda jadi bertumpuk dengan hal yang tak berguna.

6.   Bersikap Tegas, belajarlah berkata tidak pada orang lain.
    Berani untuk menolak permintaan dari rekan kerja, apabila beban kerja terlalu banyak hingga tidak mungkin memberi hasil baik. Waktu sangat berharga, jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan Anda untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin.
7. Ingat Prisip 80/20. 20% aktivitas Anda akan memberi Anda 80% dalam bentuk hasil. Tujuan Anda adalah mengubah ini untuk memastikan kalau Anda berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin Anda lakukan untuk hasil tertinggi dari tujuan.

Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih Anda telah berkunjung ke blog saya, komentar, saran dan tulisan Anda sangat kami perlukan