Penilaian terhadap Ketrampilan Diri Dalam Mengelola Suatu Pekerjaan
Untuk mengetahui profil kompetensi ketrampilan
anda, berikan tanggapan anda terhadap pernyataan-pernyataan berikut ini
menggunakan skala penilaian yang tersedia.
Berikan penilaian terhadap diri anda seperti apa adanya, bukan memberi
penilaian seperti apa yang anda inginkan. Kalau saat ini anda tidak sedang
terlibat dalam kegiatan tertentu, berikan respon anda sesuai dengan apa yang
mungkin anda lakukan berdasarkan pengalaman anda dalam melakukan kegiatan yang
serupa. Mohon bersikap realistis; instrumen ini dirancang untuk membantu anda
agar lebih mengetahui apa kebutuhan spesifik anda.
Item penilaian
|
Sangat setuju
|
Netral
|
Sangat tidak setuju
|
AREAS FOR IMPROVEMENT
|
PENGETAHUAN TTG DIRI SENDIRI |
||||
Saya
berusaha mendapatkan informasi tentang kekuatan dan kelemahan saya dari orang
lain.
|
||||
Guna
meningkatkan diri, saya bersedia berbagi keyakinan, pengetahuan dan pemahaman
serta perasaan saya dengan orang lain.
|
||||
Saya
tahu betul cara yang saya sukai dalam
mengumpulkan informasi dan mengambil keputusan.
|
||||
Saya tahu bagaimana cara mengatasi situasi yang
membingungkan dan penuh ketidak pastian
|
||||
Saya
memiliki kemampuan dan prinsip pribadi yang cukup matang yang menjadi dasar
prilaku saya.
|
||||
Saya selalu melakukan upaya lebih besar dan
memiliki inisiatif yang lebih daripada yang diharapkan dalam pekerjaan saya.
|
||||
Saya terus menerus meningkatkan ketrampilan
dan pengetahuan saya.
|
||||
Saya berteman dengan siapa saja tanpa
memandang tingkatan di tempat pekerjaan.
|
||||
Dalam pekerjaan, saya secara konsisten
berusaha mengembangkan gagasan-gagasan baru, berinisiatif melakukan kegiatan
baru, dan meminimalkan tugas-tugas rutin.
|
||||
PENGELOLAAN WAKTU/STRESS |
||||
Saya menerapkan metode pengelolaan waktu yang efektif, misalnya:
membagi waktu sebaik-baiknya, membuat daftar apa yang harus saya kerjakan dan
menentukan prioritas tugas yang saya kerjakan.
|
||||
Saya hampir selalu menaati prioritas yang sudah saya tentukan,
sehingga hal-hal yang kurang penting tidak sampai mengagalkan hal-hal yang
lebih penting yang harus saya kerjakan .
|
||||
Secara
teratur saya melakukan olah raga untuk kebugaran.
|
||||
Saya
selalu terbuka kepada orang yang saya percayai dan dapat menjadi tempat saya
menceriterakan kegelisahan –kegelisahan/rasa frustrasi saya.
|
||||
Saya
tahu dan melakukan berbagai teknik relaksasi sementara seperti mengambil
nafas dalam dan melemaskan otot.
|
||||
Saya
berusaha mendefinisikan masalah dengan cara lain sebagai kesempatan untuk
peningkatan diri.
|
||||
PEMECAHAN MASALAH |
AREAS FOR IMPROVEMENT
|
|||
Saya
selalu berusaha menguraikan suatu masalah dengan jelas dan terbuka.
|
||||
Saya
selalu berusaha mendapatkan lebih dari satu cara untuk memecahkan suatu masalah.
|
||||
Saya
selalu membuat langkah-langkah yang jelas dalam pemecahan masalah: merumuskan
definisi masalahnya; mencari alternatif pemecahannya; menemukan cara
pemecahannya.
|
||||
Saya mencoba untuk fleksibel dalam mengadakan pendekatan terhadap
suatu masalah; saya tidak mengandalkan pengetahuan/pengalaman yang sudah saya
alami saja atau mengikuti praktek/kebiasaan yang telah lalu.
|
||||
Saya berusaha membebaskan pikiran saya
dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hakikat suatu masalah.
|
||||
Seringkali saya menggunakan metafora atau analogi untuk membantu
menganalisis dan menemukan seperti apa lagi masalah tersebut.
|
||||
Saya tidak mengevaluasi manfaat setiap alternatif pemecahan
masalah sebelum saya menemukan berbagai alternatif.
|
||||
Saya berusaha memastikan bahwa selalu ada perbedaan
sudut pandang dalam upaya pemecahan suatu masalah dalam kelompok.
|
||||
Saya
mencoba memperoleh informasi tentang apa yang disukai dan diharapkan oleh
teman-teman lain.
|
||||
Saya
menghargai mereka yang mengembangkan gagasan, mereka yang mendukung gagasan orang lain dan mereka yang
menyediakan sumber daya untuk dapat melaksanakannya.
|
||||
PENILAIAN TERHADAP KINERJA |
AREAS FOR IMPROVEMENT
|
|||
Saya
membantu orang lain untuk menyadari dan menyebutkan masalah mereka sendiri
pada waktu melakukan konseling.
|
||||
Saya mengetahui dengan jelas kapan saat yang tepat dan tidak tepat
untuk memberikan nasehat dan arahan kepada orang lain.
|
||||
Saya selalu memberikan umpan balik yang mengarah pada masalah dan
pemecahannya, bukan pada karakteristik pribadi.
|
||||
Umpan
balik yang saya berikan selalu bersifat spesifik dan menuju sasaran, tidak
umum dan mengambang.
|
||||
Dalam memberikan umpan balik negatif saya berusaha
mendeskripsikannya – yaitu: saya mendeskripsikan kejadiannya, akibat-akibatnya
dan perasaan saya terhadap kejadian itu secara obyektif.
|
||||
Saya
bertanggung jawab terhadap pernyataan dan
pandangan saya misalnya dengan mengatakan”Saya telah memutuskan…” dan
bukan “Mereka telah memutuskan …”
|
||||
Saya
berusaha untuk fleksibel dan terbuka ketika mengemukakan pendapat saya
terhadap pendapat yang sangat bertentangan walaupun saya sangat tidak
menyetujui pendapat itu.
|
||||
Saya tidak memandang rendah mereka yang kemampuan atau
pengetahuannya lebih sedikit daripada saya.
|
||||
Saya tidak mendominasi percakapan dengan
orang lain.
|
||||
Saya
selalu menghindari penggunaan ancaman atau tuntutan untuk memaksakan kehendak
saya kepada orang lain.
|
||||
Saya selalu berusaha mengetahui apakah seseorang
memiliki sumber daya dan dukungan untuk dapat berhasil dalam pelaksanaan
suatu tugas.
|
||||
Saya memberikan berbagai jenis imbalan untuk merangsang kinerja yang
luar biasa.
|
||||
Saya membuat rancangan penugasan yang saya berikan untuk membuatnya
menarik dan menantang.
|
||||
Saya memastikan bahwa orang yang
telah melaksanakan tugasnya akan mendapatkan umpan balik tepat waktu dari
orang-orang yang terkait dengan tugas tersebut.
|
||||
Saya selalu
membantu orang lain merumuskan tujuan kerja yang menantang, spesifik dan
berbatas waktu
|
||||
Hanya sebagai usaha terakhir saya mau menugaskan
kembali atau melepaskan seseorang yang menunjukkan kinerja yang kurang
memuaskan.
|
||||
Saya secara konsisten mendisiplinkan mereka yang usahanya berada dibawah harapan dan kemampuan.
|
||||
Saya memastikan bahwa orang-orang
merasa diperlakukan adil dan setara.
|
||||
Saya memberikan pujian langsung atau bentuk-bentuk penghargaan lain untuk prestasi-prestasi yang bermakna.
|
||||
Saya menghindari untuk membuat tuduhan pribadi dan memberikan alasan
atas kepentingan diri sendiri kepada orang lain.
|
||||
Saya mendorong terjadinya interaksi dua arah dengan meminta responden
untuk mengemukakan pandangan pribadinya dan mengajukan pertanyaan.
|
||||
Saya
mengajukan permintaan yang spesifik,
merincikan pilihan yang lebih dapat diterima
|
||||
Saya memberikan perhatian dan
minat yang sungguh-sungguh, walaupun saya merasa tidak setuju.
|
||||
Saya mencari informasi tambahan dengan mengajukan petanyaan yang
memberikan informasi spesifik dan deskriptif
|
||||
Saya meminta pendapat orang lain untuk menyarankan perilaku-perilaku
yang lebih dapat diterima
|
||||
Saya tidak memihak tetapi tetap
netral
|
||||
Saya membantu kelompok/berbagai pihak untuk membuat
alternatif-alternatif lain.
|
||||
Saya membantu kelompok/berbagai pihak menemukan bidang-bidang yang
dapat disepakati.
|
||||
Saya menolak untuk melakukan tawar menawar dengan
individu yang menggunakan taktik-taktik negosiasi dengan melakukan tekanan.
|
||||
KERJASAMA TIM |
AREAS FOR IMPROVEMENT
|
|||
Saya membatu orang-orang merasa kompeten dalam pekerjaan mereka dengan
mengakui serta merayakan keberhasilan mereka
|
||||
Saya memberikan umpan balik secara
teratur dan dukungan yang diperlukan
|
||||
Saya mencoba memberikan semua informasi yang diperlukan orang lain
untuk menyelesaian tugas mereka.
|
||||
Saya memberikan perhatian pribadi kepada setiap orang yang berurusan
dengan saya.
|
||||
Saya menetapkan dengan jelas hasil-hasil yang saya inginkan.
|
||||
Saya menetapkan dengan jelas tingkat inisiatif yang saya inginkan
dari orang lain (misalnya, menunggu arahan, menyelesaikan sebagian tugas dan
membuat laporan, mengerjakan seluruh tugas dan memberikan laporan, dan
seterusnya)
|
||||
Saya
mengundang partisipasi mereka yang
terlibat dalam tugas untuk menentukan
waktu dan cara mengerjakan tugas yang
diberikan.
|
||||
Pada saat terjadi masalah, saya minta mereka mengajukan
rekomendasi pemecahannya, tidak hanya menunggu saran atau jawaban dari atas.
|
||||
Secara teratur saya menindak lanjuti dan memelihara akuntabilitas
tugas-tugas yang didelegasikan.
|
||||
Saya membantu agar anggota tim
saling mempercayai satu sama lain dan
juga mempercayai saya.
|
||||
Saya membantu anggota tim belajar memainkan peran yang membantu
penyelesaian tugas tim serta membangun hubungan interpersonal yang erat.
|
||||
Saya mendorong adanya falsafah “win/win” di dalam tim- yaitu:
keberhasilan satu anggota tim berarti juga keberhasilan seluruh anggota tim.
|
||||
Saya mendorong tim melakukan terobosan besar dengan melakukan
inovasi-inovasi dan juga peningkatan-peningkatan kecil yang berkelanjutan.
|
||||
Untuk anggota tim yang sulit
diajak bekerja, saya berusaha menanganinya secara efektif dengan melakukan komunikasi yang suportif, menangani
suatu konflik bersama-sama, dan
memberdayakan mereka.
|
SUMMARY
|
AREAS OF STRENGTH
|
AREAS FOR IMPROVEMENT
|
PLAN FOR IMPROVEMENT: WHAT WILL I DO TO
IMPROVE?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih Anda telah berkunjung ke blog saya, komentar, saran dan tulisan Anda sangat kami perlukan