Rabu, 02 Januari 2013

Contoh Laporan Pelaksanaan Perawat Assosiate


A.    Latar Belakang
Praktek klinik manajemen keperawatan merupakan penerapan konsep-konsep manajemen keperawatan yang berhubungan dengan pengelolaan efektif manajemen operasional dan asuhan keperawatan di ruang keperawatan. Perubahan yang terjadi terus menerus dalam sistem pelayanan kesehatan, menuntut adanya pembaharuan dalam keperawatan terutama dalam pengelolaan asuhan keperawatan. Pengelolaan asuhan keperawatan yang terfragmentasi menyebabkan kurang adanya tanggung jawab perawat yang menyeluruh terhadap asuhan klien. Hal ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai profesional dalam praktek keperawatan profesional. Pengelolaan asuhan keperawatan merupakan inti dari praktek keperawatan profesional.

Praktek keperawatan profesional dilakukan bila perawat menerima tanggung jawab untuk mengelola asuhan keperawatan sejumlah klien dalam periode waktu tertentu. Esensi asuhan keperawatan profesional adalah sejauh mana dikembangkan hubungan yang bertanggung jawab antara anggota masyarakat (Klien) dengan seseorang yang diberi lisensi oleh masyarakat untuk memberikan asuhan keperawatan yang profesional (Nurse).
Sebagai realisasi dari upaya meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, maka dilakukan uji coba penerapan manajemen praktek keperawatan profesional oleh mahasiswa program profesi ners STIKES Muhammadiyah Gombong di ruang perawatan Cempaka RSUD Kabupaten Kebumen Pelaksanan tanggung jawab ini dapat dilakukan melalui metode manajemen praktek keperawatan profesional dimana seseorang perawat primer akan bertanggung jawab terhadap asuhan klien bersama perawat asosiate dari mulai datang sampai pulang/pindah dari suatu ruangan.


B.     Tujuan
1.      Tujuan umum
      Setelah mengikuti praktek klinik manajemen keperawatan profesional, sebagai perawat asosiate, mahasiswa di harapkan mampu menerapkan pengelolaan dalam pemberian asuhan keperawatan dewasa di ruang rawat inap Cempaka
2.      Tujuan Khusus
      Setelah mengikuti praktek klinik manajemen keperawatan profesional, sebagai perawat asosiate, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan sesuai dengan uraian tugas sebagai perawat asosiate yang meliputi :

C.    Pelaksanaan Kegiatan PA
1.         Melaksanakan rencana keperawatan yang sudah dibuat oleh penanggung jawab / Ka Tim
2.         Dalam keadaan insidentil membuat pengkajian, diagnose dan perencanaan keperawatan yang kemudian disyahkan oleh penanggung jawab / Ka Tim
3.         Memberikan perawatan paripurna pada sejumlah pasien yang sudah didelegasikan oleh penanggung jawab / Ka Tim
4.         Melakukan kerjasama dan berkonsultasi kepada penanggung jawab / Ka Tim bila terjadi masalah-masalah yang berhubungan dengan pelaksanaan asuhan keperawatan.
5.         Mengambil keputusan bila terjadi masalah-masalah yang berhubungan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan pada waktu dinas sore, malam dan hari libur dan melapor pada Kepala Ruang / Ka Tim.
6.         Menata ruangan perawatan dengan mengawasi kebersihan, kelengkapan peralatan dan mebelair untuk kelancaran pelaksanaan pelayanan pasien.
7.         Memberikan bimbingan kepada pasien atau keluarga tentang penggunaan obat, kebersihan perorangan, makanan dan cara hidup sehat serta memberi motivasi dalam rangka memberikan pelayanan pada pasien.
8.         Menghadiri konferensi keperawatan, tim kesehatan lain untuk membicarakan dan membahas kasus-kasus untuk mendapatkan cara pemecahan masalah dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pada pasien.
9.         Mengikuti serah terima tugas yang dipimpin oleh penanggung jawab / Ka Tim.
10.     Melaksanakan tugas sore, malam dan hari libur secara bergilir sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh Kepala Ruang / Ka Tim.
11.     Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang keperawatan dengan mengikuti pertemuan ilmiah atau rapat-rapat khusus.
12.     Melakukan kegiatan penunjang sesuai dengan juknis jabatan fungsional keperawatan.
13.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan dalam hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan di ruang keperawatan.

Jadwal Kegiatan

Tanggal
Waktu
Kegiatan
Rabu, 12 September 2012




07.00-07.15 WIB

07.15-07.30WIB

07.30-08.00 WIB

08.00-08.30 WIB

08.30-11.00 WIB


11.00-11.30 WIB

11.30-11.45 WIB

11.45-12.15 WIB


Membaca laporan dari perawat asosiate yang tugas malam
Mengikuti meeting morning yang dipimpin oleh kepala ruang
Menerima timbang terima dari perawat asosiate yang tugas malam
Melakukan pre conference dengan perawat asosiate yang tugas jaga pagi
Membantu tugas perawat asosiate untuk kelancaran pelaksanaan asuhan keperawatan pasien
Melengkapi catatan asuhan keperawatan di status pasien
Melengkapi catatan asuhan keperawatan pada buku laporan Ners
Post conference dilanjutkan dengan timbang terima dari perawat asosiate yang tugas pagi ke sore dipimpin oleh kepala ruang, serta mengenalkan perawat asosiate yang tugas sore kepada keluarga dan pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih Anda telah berkunjung ke blog saya, komentar, saran dan tulisan Anda sangat kami perlukan