1.
Konsumen
Dalam buku consumer behavior in tourism john swarbrooke dan susan
honer (2003) mengatakan bahwa perilaku konsumen adalah kunci penopang semua
aktivitas marketing yang dilaksanakan untuk pengembangan, promosi dan penjual
produk wisata. Selain itu tidak ada dua individu yang sama astu dengan yang
lainnya dan perbedaan dalam sikap, persepsi, emage/citra, motivasi mempunyai
pengaruh yang penting dalam keputusan perjalanan. Factor-faktor yang
mempengaruhi tersebut dihubungkan dekat dengan model-model perilaku konsumen.
Menurut loudon
della bitta (1993:8), perilaku konsumen adalah proses pengambilan krputusan dan
kegiatan fisik perseorangan yang dilakukan dalam mengevaluaisi, mendapatkan,
menggunakan atau menolak barang dan jasa. Ditegaskan oleh Horner
dan Swarbrooke (1996), perilaku konsumen mempelajari mengapa orang
membeli produk yang mereka beli dan bagaimana mereka membuat keputusan
tersebut.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga
jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan pertimbangan yang matang.
2. Aplikasi
Pemahaman akan perilaku konsumen
dapat diaplikasikan dalam beberapa hal :
1.
untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan
kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli.
2.
perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan
membuat kebijakan publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak
menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat
keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut.
3.
Aplikasi ke tiga adalah dalam hal pemasaran sosial (social
marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen.
Dengan memahami sikap konsumen dalam
menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.
Dan juga dapat memberikan gambaran kepada para pemasar dalam pembuatan produk,
penyesuaian harga produk, mutu produk, kemasan dan sebagainya agar dalam
penjualan produknya tidak menimbulkan kekecewaan pada pemasar tersebut.
Selanjutnya silahkan download full
disini …
NANDA NURSE like this blog...
BalasHapusCasino Tycoon, Poker Room & Casino Info - Mapyro
BalasHapusGet Casino 영천 출장샵 Tycoon, Poker Room 김천 출장안마 & Casino Info at Mapyro. Find your way 익산 출장마사지 around the casino, 시흥 출장샵 find where 제천 출장안마 everything is located with Mapyro.