KOMUNIKASI ORGANISASI
A. DEFINISI
FUNGSIONAL KOMNIKASI ORGANISASI
Komunikasi
Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan
bagian suatu organisasi tertentu.
Suatu
organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis
antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Gambaran Sistem Komnikasi Organisasi
Unit
Komunikasi
§ Suatu
sistem didefinisikan oleh Pool [1973] sebagai “setiap entitas berkelanjutan
yang mampu berada dalam dua keadaan atau lebih” .
§ Dalam
suatu sistem komunikasi, keadaan itu adalah hubungan antara orang-orang.
§ Suatu
sistem didefinisikan oleh Pool [1973] sebagai “setiap entitas berkelanjutan
yang mampu berada dalam dua keadaan atau lebih” .
- Unit mendasar komunikasi organisasi
adalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh
jabatan, menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan
jabatan, pada saat yang sama jabatan tsb dipersonalisasikan, menghasilkan
suatu figur atau gambar yang sesuai dengan keadaan orang tsb.
POSISI
PROSES
KOMUNIKASI ORGANISASI
§ Komunikasi
Internal
ú Komunikasi
Vertikal
ú Komunikasi
Horizontal
ú Komunikasi
Diagonal
§ Komunikasi
Eksternal
Efektivitas komunikasi
dlm organisasi dipengaruhi oleh bbrp faktor :
1. Saluran
komunikasi formal
2. Struktur
organisasi
3. Spesialisasi
jabatan
4. Pemilikan
informasi
1. Saluran
komunikasi formal (SKF)
SKF mempengaruhi efektifitas
komunikasi dg 2 cara :
§ Liputan
sal. Formal makin melebar sesuai dg tumbang organisasi
ex. Komunikasi efektif sulit dicapai dlm organisasi yg besar
dan cabang2nya menyebar
2. Struktur
wewenang organisasi
Perbedaan kekuasaan dan kedudukan
(status) dlm organisasi akan menentukan pihak2 yang berkomunikasi dg seseorang serta
isi & ketepatan komunikasi
3. Spesialisasi
jabatan
Para anggota suatu kelompok kerja
yang sama akan cenderung berkomunikasi dg istilah, tujuan, waktu dan gaya yang
sama
Komunikasi antar kelompok yang
berbeda cenderung terhambat
4. Pemilikan
informasi
Individu yang mempunyai informasi
khusus dan pengetahuan ttg pekerjaan mereka
Ex. Kepala bidang perawatan, kepala
tata usaha
Komunikasi
dlm tim
U/ mendorong tjdnya komunikasi,
pemimpin tim harus memperhatikan prinsip2 berikut :
§ Seluruh
anggota tim harus bebas mengemukakan dan menjelaskan pandangan2 mereka dan
harus disorong bertindak spt itu
§ Pesan
baik lisan/tertulis harus jelas, bahasa mudah dimengerti
§ Komunikasi
dpt berjalan bila antara komunikator dan komunikan terjadi hub yg baik
§ Perbedaan
pendapat harus diarahkan pada hal yg konstruktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih Anda telah berkunjung ke blog saya, komentar, saran dan tulisan Anda sangat kami perlukan